10 Cara Merawat Komputer Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak – Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan dan sering kali digunakan dimasa sekarang. Maka tidak heran perangkat ini membutuhkan perawatan khusus agar tidak cepat rusak saat digunakan.

Untuk merawat komputer agak sedikit susah dan sedikit gampang bagi kamu yang masih pemula.

Syaratnya kamu hanya harus bisa mengerti sedikit tentang komputer atau laptop, karena pada tutorial ini ada beberapa hal yang harus kamu lakukan secara fisik. Berikut beberapa cara merawat komputer atau laptop yang dapat kamu lakukan :

Gunakan Antivirus Dan Firewall

Menginstall antivirus sangat direkomendasikan untuk kamu yang menggunakan OS Windows. Karena dapat mencegah komputer atau laptop kamu dari berbagai ancaman.

Terlebih lagi jika kamu menggunakan windows crack yang tidak dapat support dan update dari microsoft, sehingga rentan sekali terkena virus seperti adware, spyware, script mining, dan masih banyak lagi.

Rekomendasi anti-virus yang dapat kamu install adalah malware-bytes, kamu dapat mendownload pada websitenya langsung.

Dan jika kamu sayang dengan komputermu, jgn gunakan antivirus yang telah dicrack karena bisa saja antivirus yang kamu install tersebut adalah virus yang mengancam nyawa komputer kamu.

Selain itu kamu juga harus menghidupkan firewall agar komputer atau laptop aman dari ancaman yang berbahaya melalui jaringan. Berikut cara menghidupkan firewall pada OS Windows 10.

  1. Ketikkan “Windows Defender Firewall” pada pencarian
  2. Lihat pada list menu disebelah kiri dan klik “Turn windows defender firewall on or off”
  3. Pilih “Turn on windows defender firewall” pada private dan public network
8 Cara Merawat Komputer Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Lakukan Defragment Hardisk

Untuk Cara merawat komputer yang kedua adalah dengan mendefrag hardisk pada komputer kamu. Fungsi dari defragment adalah untuk menjaga kestabilan dan memperbaiki boot sector pada hardisk dengan cara menyusun kembali file file yang tidak berurutan sehingga disk dapat dengan mudah membaca file yang telah tersusun rapi dan baik.

Lakukan defragment seminggu sekali atau sebulan sekali secara terjadwal, atau jika kamu merasa malas, kamu dapat mengaktifkan fitur jadwal otomatis pada disk defragment. Lama waktu untuk mendefrag hardisk tergantung pada jumlah penggunaan storage yang kamu gunakan.

Semakin banyak jumlah storage yang digunakan maka defrag pun akan semakin lama. Pada saat di defrag alangkah baiknya kamu sedang tidak terlalu penting untuk menggunakan komputer atau laptop. Karena pada saat sedang di defrag, pc akan menjadi sedikit lag dan kinerja defrag kurang maksimal jika kamu menggunakan pc.

ikuti panduan berikut untuk mendefrag dan mengaktifkan fitur jadwal otomatis pada disk defragment.

  1. Ketikkan “Disk Defragment” pada kolom pencarian
  2. Buka “Defragment and Optimize Drive”
  3. Pilih drive yang ingin di defrag, saya sarankan untuk mendefrag drive c karena disitu adalah lokasi penginstallan software.
  4. Klik tombol Optimize cara merawat laptop
  5. Tunggu hingga selesai
  6. Klik tombol “change settings”
  7. Centang “run on a schedule” dan berikan frequensi “weekly” cara merawat laptop

Setelah Defragment selesai coba rasakan perbedaannya, pasti sangat berbeda yang dimana awalnya pc terasa lambat dan sekarang mendadak lebih cepat.

Berhati Hati Pada Makanan dan Minuman

Kebiasaan memakan atau minum sambil menonton film kesayangan didepan komputer atau laptop sangat sering dilakukan. Sebenarnya tidak ada larangan untuk melakukan hal tersebut, tetapi kamu harus berhati hati karena hal sepele seperti itu dapat merusak komputer atau laptop.

Contohnya saat menaruh minuman didekat keyboard, saat sedang mengetik bisa saja kamu tanpa sadar menyenggol gelas sehingga tumpah dan terkena komponen komputer lain, serta yang paling parah dapat menyebabkan konslet dan akhirnya pc kamu rusak.

Gunakan Tas Pelindung Laptop

Ini adalah salah satu cara merawat laptop yang tidak boleh kamu anggap remeh, fungsi dari sleeve case adalah untuk menghindari dari benturan keras pada saat sedang berjalan. Jika kamu belum punya, kamu dapat membelinya pada tokopedia, shopee, lazada, atau langsung dari toko aksesoris komputer terdekat didaerah kamu.

Untuk keamanan yang lebih ekstra, gunakan tas backpack yang mempunyai tempat untuk menyimpan laptop dengan busa yang tebal sehingga kamu dapat menaruh laptop yang dibungkus sleeve case didalam tas backpack.

Jaga Suhu Komputer

Jika merasa sudah terlalu panas jangan memaksakan komputer untuk menjalankan program, lakukan pengistirahatan sejenak agar suhu komputer atau laptop kembali normal. Hindari menggunakan laptop diatas benda yang permukaannya lembut seperti kasur karena dapat menghalangi sirkulasi udara.

Cobalah mencari permukaan yang keras dan dingin untuk menaruh laptop agar sirkulasi udara lancar. Tapi bila sudah merasa nyaman melakukan sesuatu diatas kasur, setidaknya kamu harus menabung untuk membeli sebuah cooling pad sehingga laptop tetap dingin dan peforma tidak menurun.

Nonaktifkan Program Yang Jarang Digunakan

Jika komputer membutuhkan waktu yang lama untuk memuat, mungkin saja terlalu banyak program yang berjalan pada startup sehingga membuat komputer menjadi terlalu lama untuk memuat. Untuk mengatasi nya kamu hanya harus mematikan beberapa program yang jarang digunakan pada startup.

Ikuti panduan berikut untuk mematikan / menonaktivkan program yang jarang digunakan

  1. Buka “Settings”
  2. Pilih “Apps” kemudian pilih menu “startup”
  3. Matikan beberapa program yang jarang digunakan

Jangan Tergesa – gesa Membuka Program Sekaligus

Salah satu cara merawat komputer dan Laptop yang harus diterapkan oleh kamu sendiri bukan oleh komputer. Komputer membutuhkan waktu untuk memproses perintah yang kamu beri. Setiap program yang dibuka membutuhkan CPU, jadi bersabarlah untuk menunggu komputer siap menampilkan program setelah itu kamu boleh membuka program lainnya.

Bila terjadi Freeze pada komputer atau laptop, tunggulah beberapa menit untuk mempertimbangkan apakah harus di boot atau tidak. Jangan ceroboh untuk langsung mematikan pc atau laptop langsung dari tombol power karena dapat mengurangi umur pemakaian pc atau laptop.

Bersihkan Komputer atau Laptop

Panduan Terakhir untuk cara merawat komputer adalah dengan membersihkan pc dari debu dan kotoran lainnya seperti remah remah kue. Penting untuk membersihkan dari debu untuk menghindari overheating dan terhambatnya sirkulasi udara. Kamu dapat menggunakan penyedot debu yang berukuran kecil untuk membersihkan debu. Lakukan dengan hati hati dan lembut saat membersihkan PC.

Untuk membersihkan monitor kamu dapat menggunakan kain halus yang dibasahi sedikit air, lakukan secara perlahan, serta sudut demi sudut hingga debu dan kotoran lainnya hilang.

Write A Comment