8 Cara Mempercepat HP Xiaomi Lemot Agar Ngebut Kembali – Memiliki HP yang kuat dan gahar adalah idaman bagi setiap orang di zaman sekarang. Tapi sayangnya tidak semua orang memiliki budget / uang yang cukup untuk membeli sebuah hp yang seperti itu.

Jika kamu menggunakan hp xiaomi low end atau mid end. Pastinya spesifikasi yang diberikan pada beberapa aspek pasti ada yang tidak sesuai dengan harapanmu.

Tentu saja dengan harga yang murah pastinya mempunyai banyak kekuranganya dibandingkan dengan hp yang berada dikelas high end. Yang memang dibuat khusus untuk menjadi hp yang ngebut dan bagus pada segala aspek.

Contohnya saat kamu hanya ingin membuka aplikasi whatsapp tetapi yang terjadi adalah hp xiaomi kamu menjadi lag. Bahkan sangking parahnya aplikasi yang ingin kamu buka tertutup kembali / force close karena ketidakmampuan android kamu.

Belum lagi kamu ingin bermain game untuk melepaskan stress akibat kelelahan. Disaat kamu sedang bermain game, secara tiba tiba game tersebut menjadi force close, lag, patah patah. Dan akibat hal itu kamu malah menjadi semakin stress sehingga ingin sekali membanting android tersebut.

Maka dari itu lah saya akan memberikan tips dan trik, apa yang menjadi penyebab hp xiaomi lemot / lag dan cara mengatasinya agar kembali ngebut seperti baru.

Penyebab HP Xiaomi Lemot

1. Terlalu Banyak Program Aplikasi Yang Berjalan

8 Cara Mempercepat HP Xiaomi Lemot Agar Ngebut Kembali

Penyebab yang pertama bisa jadi karena kamu terlalu banyak membuka aplikasi, sehingga memori (RAM) didalam android kamu menjadi sangat sedikit dan mengakibatkan HP kamu menjadi lelet dan patah patah.

Terlebih lagi jika hp kamu hanya memiliki RAM yang kecil sekitaran 1-2 GB dan hal itu sangat berpengaruh ketika kamu ingin menjalankan aplikasi lainnya.

2. Penyimpanan Yang Terlalu Sedikit

ilustrasi penyimpanan xiaomi
source : newsparsi.com

Coba cek deh sisa dari penyimpanan hp xiaomi kamu, jika penyimpanan internal tersisa terlalu sedikit maka permasalahannya ada disitu. Kenapa demikian? karena kinerja dari android akan menurun drastis bila penyimpanan telah penuh.

Ada beberapa penyebab dari penyimpanan penuh secara tiba tiba :

  • Terlalu banyak aplikasi yang diinstall
  • File junk dan cache yang menumpuk didalam android kamu
  • Foto atau video yang terlalu banyak

3. Menggunakan OS Yang Sudah Ketinggalan Zaman

xiaomi lemot
ilustrasi upgrade android

Penyebab hp xiaomi kamu menjadi lemot adalah karena kamu tidak pernah mengupdate os yang paling baru. Padahal pengaruh os pada sistem hp cukup berdampak besar. Maka dari itu kamu diharuskan untuk mengupdate pada os yang paling baru.

Ada 3 cara untuk mengupdate hp xiaomi :

  1. Mengupdate melalui OTA
  2. Via TWRP
  3. Via mi flash tool

Untuk Hp xiaomi redmi note 4x saya telah membuatkan tutorial flashing via mi flash tool, Klik disini

4. HP Kamu Sudah Berumur Cukup Lama

hp xiaomi saat bermain game atau menggunakan sehari hari terasa lemot

Nah , Kalau yang ini memang sudah wajar terjadi pada hp manapun. HP yang sudah berumur cukup lama memang bakal sangat terasa lemotnya karena sudah tidak sanggup lagi menjalankan aplikasi di zaman sekarang.

Untuk Kasus yang ini disarankan untuk membeli baru saja, memang tidak tau apa yang harus dilakukan lagi. Tetapi tidak ada salahnya juga jika kamu mengikuti tips dibawah ini untuk mempercepat hp kamu yang sudah tua tersebut.

Cara Mempercepat HP Xiaomi Yang Lemot

Beberapa cara dibawah ini yang dapat kamu lakukan agar HP Xiaomi kamu tidak lemot dan kembali ngebut seperti dulu

1. Disable Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Buka pengaturan dan cari menu kelola app atau sejenisnya di dalam android xiaomi kamu. Pilih app yang kamu anggap tidak penting dan klik disable.

Note : Saat aplikasi terdisable, aplikasi tersebut tidak akan memunculkan notifikasi lagi. Pastikan aplikasi yang terdisable bukan aplikasi yang sangat penting.

Ada cara otomatis tanpa harus membuka pengaturan setiap saat lho.. yaitu dengan menggunakan aplikasi Greenify.

  1. Download dan buka aplikasi Greenify
  2. Pilih opsi my device is not rooted (untuk hp yang belum diroot)
  3. Klik tombol “+”
  4. Masukkan aplikasi yang berjalan di latar belakang
  5. Setelah dimasukkan klik tombol “Zzz” untuk memberhentikan aplikasi

2. Uninstall Applikasi

Cobalah untuk menguninstall aplikasi yang tidak digunakan sehingga penyimpanan menjadi lebih lega.

Buka pengaturan, pilih menu app, cari aplikasi yang tidak dibutuhkan dan nonaktifkan / uninstall.

3. Hapus File Junk dan Cache Yang Menumpuk

Untuk menghapus file junk pada hp xiaomi, kamu dapat menggunakan aplikasi cleaner bawaan xiaomi.

Buka aplikasi keamanan kemudian pilih menu cleaner tunggu beberapa saat dan selesai. Sangat mudah bukan.

4. Pindahkan Foto dan Video

Kamu dapat memindahkan foto dan video kamu kedalam laptop atau memory external sehingga penyimpanan xiaomi kamu menjadi lebih lega.

Tapi kan saya tidak punya laptop atau memory external?

Tenang… kamu dapat menggunakan google photo untuk mengupload dan membackup foto tanpa membebani penyimpanan internal hp kamu.

  1. Download app google photo di playstore
  2. Hubungkan akun google kamu dengan google photo
  3. Upload foto kamu dengan menggunakan wifi untuk menghindari habisya kuota
  4. Setelah upload selesai, hapus foto dan video kamu yang berada di dalam penyimpanan internal

5. Update / Upgrade OS Yang Digunakan

  1. Masuk kedalam Pengaturan
  2. kemudian klik Tentang Ponsel
  3. pilih System Update

6. Jangan Gunakan Launcher

Langkah berikut untuk mempercepat hp xiaomi lemot yaitu dengan tidak menggunakan launcher yang berat.

Fungsi launcher sendiri adalah untuk memperindah tampilan hp kamu, alangkah lebih baik jika xiaomi kamu hanya menggunakan launcher bawaan. Kenapa? Karena penggunaan launcher akan memakan banyak ram sehingga hp xiaomi kamu menjadi lemot dan patah patah.

7. Matikan Sinkronisasi Otomatis

Sinkoranisasi otomatis akan membuat hp xiaomi kamu menjadi lemot atau lelet. Karena sinkronisasi otomatis memakan juga memakan ram yang lumayan banyak.

Dan tidak hanya itu Sinkronisasi otomatis juga akan menguras kuota internet kamu. Maka karena hal itulah sebaiknya kamu mematikan sinkronisasi otomatis untuk meminimalisirkan penggunaan ram yang berlebihan.

8. Jangan Menggunakan Widget Secara Berlebihan

Widget memang memiliki banyak fungsi yang memudahkan kamu untuk berinteraksi dengan smartphone mu. Tetapi penggunaan widget yang berlebihan juga dapat membuat hp kamu menjadi lemot dan lelet.

Karena widget juga mengambil RAM yang tidak dapat dikatakan sedikit. Maka dari itu sebaiknya kamu tidak menggunakannya secara berlebihan.

Itulah beberapa tips dan trik untuk mempercepat hp xiaomi lemot baik itu saat bermain game atau disaat digunakan sehari hari agar kembali ngebut dan nyaman digunakan. Sekian Terima kasih telah membaca

Write A Comment