Jenis Alat Safety dan Fungsinya

Kenali Jenis-Jenis Alat Safety dan Fungsinya

Memakai alat pelindung diri alias APD ketika sedang bekerja tentunya sangat disarankan untuk mengurangi risiko menjadi korban kecelakaan kerja. Memang ada beberapa jenis pekerjaan yang berisiko tinggi akan kecelakaan kerja. Salah satunya adalah pekerjaan pada proyek konstruksi, pabrik, dan laboratorium yang memerlukan berbagai jenis alat safety.

Alat pelindung diri atau istilah lainnya alat safety yang biasa dijual di toko alat safety tentu berbeda jenisnya, tergantung pada jenis pekerjaan yang ditekuni. Desain yang dibuat juga disesuaikan dengan jenis pekerjaan tersebut. Sebagai contoh, alat safety untuk pekerja konstruksi tidak sama dengan alat safety yang dikenakan oleh pekerja laboratorium. 

Namun yang jelas, semua alat safety yang dijual di semua toko alat safety harus sesuai dengan standard keselamatan dan juga harus sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Misalnya harus bersih, fungsional, diusahakan nyaman ketika dikenakan, dan wajib diganti secara rutin. 

Penasaran apa saja alat safety yang biasa dijumpai di toko alat safety? Berikut kami share informasinya buat kamu. Secara umum, alat safety terbagi menjadi beberapa jenis, dan jenis-jenis ini disesuaikan dengan fungsi utama masing-masing alat safety ini. 

Jenis-Alat-Safety-dan-Fungsinya

Alat Safety untuk Kepala

Alat safety untuk keselamatan area kepala dan sekitarnya memang didesain untuk melindungi kepala dari kemungkinan benturan, hantaman, pukulan, dan jenis kecelakaan lainnya yang disebabkan oleh benda keras. Tak hanya dirancang sebagai pelindung kepala dari benturan benda keras, alat safety untuk kepala yang bisa kita jumpai di toko alat safety juga dapat melindungi kepala dari paparan sinar matahari, percikan bahan-bahan kimia berbahaya, percikan api, dan suhu ekstrem lainnya. 

Alat safety untuk kepala ini umumnya terdiri dari helm atau helmet pengaman (safety helmet), tudung kepala, topi, dan juga pelindung rambut. Untuk model, cukup beragam. Untuk satu jenis model bisa saja memiliki spesifikasi bahan dan bentuk yang berbeda, asal keduanya sesuai dengan standard keselamatan yang sudah ditentukan. 

Alat Safety untuk Wajah dan Mata

Sesuai dengan namanya, alat safety mata dan wajah ini berfungsi untuk melindungi area wajah, termasuk mata. Alat safety yang satu ini biasanya dikenakan oleh mereka yang sering berkontak langsung dengan zat-zat atau bahan yang mudah bercampur dengan udara, atau zat atau bahan yang mudah melayang di udara ataupun air. Atau bisa juga berupa benda-benda yang sangat kecil. 

Alat safety untuk wajah dan mata ini wajib dipakai untuk menekan risiko terjadinya cidera atau gangguan kesehatan akibat paparan paparan cahaya, radiasi, atau percikan zat berbahaya. Alat pelengkap diri ini berupa kacamata khusus (spectacles) untuk melindungi kedua mata. Ada juga jenis pelindung mata lainnya yang dinamakan goggles

Sedang untuk melindungi area wajah, kita menyebutnya tameng wajah alias face shield atau full-face masker. Full-face masker ini adalah masker khusus yang menutup hampir seluruh area wajah, kecuali kedua mata. 

Baca juga: PayPal: 4 Pilihan Pembayaran Selain PayPal

Alat Safety untuk Telinga

Memang tidak banyak jenis alat safety untuk telinga. Hanya ada beberapa nama saja. Sebut saja penyumbat telinga alias ear plug. Ada juga penutup telinga atau ear muff. Kedua alat ini memiliki fungsi yang sama, yaitu melindungi kedua telinga dari kebisingan, polusi suara, dan tekanan udara. Model untuk masing-masing alat safety yang banyak dijual di toko alat safety ini juga terbatas karena memang jenisnya juga tak banyak.

Alat Safety untuk Organ Pernafasan

Alat safety ini dibuat secara khusus untuk melindungi saluran dan organ-organ pernapasan. Dengan mengenakan alat keselamatan khusus ini, pemakai tetap akan bernafas dengan normal meski berada di lingkungan yang terkontaminasi mikroorganisme, asap, debu halus, kabut, dan partikel bahan-bahan kimia yang melayang di udara. Berbagai jenis kontaminasi ini berpotensi terhirup apabila tidak dilengkapi dengan alat safety untuk pernafasan. 

Alat safety pernafasan ini terdiri dari beberapa item seperti respirator, masker, cartridge khusus atau tabung khusus untuk menyalurkan oksigen, dan regulator atau tangki selam yang khusus digunakan di dalam perairan. Ketika seorang pekerja mengalami masalah gangguan pernafasan, pastinya alat safety perlu ditambahkan satu item lagi, yaitu tabung oksigen. 

Alat Safety untuk Tangan dan Kaki

Nah, untuk alat safety yang satu ini mudah sekali dijumpai di berbagai toko alat safety. Alat pelindung tangan dan kaki tentu saja berfungsi untuk melindungi tangan dan kaki, termasuk jari-jari tangan dan kaki dari suhu ekstrem (panas dan dingin yang ekstrem), paparan radiasi, arus listrik, benturan benda keras, bahan-bahan kimia berbahaya, tusukan dan goresan benda tajam, dan risiko infeksi.

Alat safety untuk tangan dan kaki ini terbuat dari aneka ragam bahan, tergantung jenis pekerjaan. Ad yang terbuat dari kulit sintetis, logam, kanvas, lateks, dan juga bahan-bahan khusus yang tahan terhadap reaksi kimia dari bahan-bahan kimia. 

Selain alat-alat safety di atas, ada juga beberapa alat safety lainnya yang tak boleh kamu lewatkan. Misal, pakaian pelindung, pelampung, tali keselamatan dan sabuk khusus, dan masih banyak alat safety lainnya. 

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *