Baik WhatsApp dan Telegram memiliki beberapa fitur: keduanya adalah aplikasi yang berkembang dengan cepat. WhatsApp memiliki pengguna terbanyak di seluruh dunia, tetapi saingannya Telegram semakin populer dan banyak orang lebih memilih menggunakannya.

Mengapa hal itu terjadi?
Berikut perbedaan WhatsApp dan Telegram yang telah kami rangkum:

Jumlah Pengguna

Meskipun jumlah orang yang menggunakan aplikasi bukanlah cara terbaik untuk menentukan apakah itu lebih baik atau lebih buruk daripada aplikasi alternatifnya,

Kenyataannya adalah saat ini, WhatsApp adalah raja dari semua aplikasi pesan instan, dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif di seluruh dunia . Sehingga dalam hal popularitas Whatsapp berada jauh di depan, daripada Telegram.

Baca Juga: Cara Tethering Http Injector Tanpa Root [100% WORK]

Tingkat keamanan

Kebocoran data pribadi semakin mengkhawatirkan. Ada perdebatan sengit tentang apakah sistem keamanan Telegram atau WhatsApp yang lebih baik.

Kedua aplikasi menggunakan enkripsi end to end. Di aplikasi Telegram, sistem ini hanya diaktifkan dalam obrolan rahasia, suatu fitur yang tidak ada di WhatsApp, di mana enkripsi diterapkan untuk semua percakapan. Bahkan obrolan non-rahasia di telegram juga dienkripsi, tetapi tidak dari end to end

Di sisi lain, enkripsi WhatsApp berbasis sistem yang digunakan oleh Signal, salah satu aplikasi perpesanan yang paling populer dalam tingkat privasi. Sedangkan Telegram menggunakan MTProto, protokol enkripsi dimana saat ini tidak ditemukan kerentanannya.

Selain itu, Telegram memungkinkan Anda untuk memasukkan kata sandi pada obrolan Anda, mencegah tangkapan layar, mengaktifkan incognito keyboard, bahkan semua opsi privasi yang tidak tersedia di WhatsApp.

Disisi lain, pengguna WhatsApp diharuskan untuk mentautkan akun mereka kedalam nomor telepon asli, sehingga memungkinkan orang lain untuk melihat nomor telepon anda. Sebaliknya, untuk mentautkan akun pada telegram adalah opsional.

Kustomisasi

Dengan pembaruan baru, WhatsApp memberikan berbagai fitur menarik lainnya, beberapa diinspirasi dari telegram dimana meningkatkan user experience pengguna, seperti mengirimkan animasi, GIF, dan stiker.

Dalam hal estetika, Telegram menawarkan lebih banyak fitur yang lebih baik daripada WhatsApp.

WhatsApp juga memungkinkan anda untuk mengubah latar belakang obrolan, sementara Telegram menawarkan pengeditan tema sepenuhnya bahkan mengaktifkan tema Gelap yang tidak dimiliki oleh whatsapp. WhatsApp juga memberikan pengguna untuk dapat mengirim WA story, dimana fitur tersebut tidak dimiliki oleh telegram.

Grup

Banyak pengguna memanfaatkan keuntungan dari grup telegram dan whatsapp, tetapi dibalik itu ada perbedaan mendasar diantara 2 aplikasi tersebut, yaitu:

Telegram mengijinkan anda untuk membuat grup yang dapat dimasuki pengguna tanpa batas, sedangkan pada whatsapp hanya dapat dimasuki berupa 256 pengguna saja.

Baca Juga: 8 Cara Merawat Komputer Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Sharing

WhatsApp dan Telegram memberikan penggunanya untuk mengirim semua jenis konten, dari dokumen teks, gambar, video, kontak, kalender, atau lokasi geografis.

Namun, pada Telegram anda dapat membuat sebuah bot untuk mengirim konten tambahan, sehingga hal inilah banyak orang menggunakan telegram sebagai sarana komunikasi untuk mengetahui topik-topik dan informasi yang menarik untuk mereka.

Selain itu, Telegram memungkinkan Anda mengirim file jenis apa pun hingga 1,5 GB, yang  disimpan di dalam cloud. Sedangkan WhatsApp terdapat batasan untuk file yang lebih besar dari 100 MB, dan tidak menyimpan pada cloud dalam waktu yang lama

Fitur lain yang patut dipertimbangkan adalah pengguna WhatsApp dapat menyinkronkan akun mereka di Google Drive, sementara Telegram tidak dapat melakukan hal tersebut

Kenapa?

Karena informasi yang anda kirim dan terima tidak dihapus secara otomatis dan sebaliknya informasi itu disimpan

Multiplatform

Terkadang sulit untuk menulis pesan panjang melalui kedua aplikasi ini, tetapi Telegram dan WhatsApp memiliki versi web yang membuatnya lebih mudah.

Pada whatsapp harus menggunakan smartphone untuk menyinkronkan data pesan yang tersimpan, hal itu dikarenakan whatsapp tidak menyimpan data anda pada cloud.

Tidak seperti WA, Telegram menggunakan layanan cloud dalam menyimpan data, sehingga memungkinkan anda untuk terhubung melalui perangkat yang berbeda tanpa harus menyinkronkan data dari smartphone anda terlebih dahulu.

Dalam hal ini telegram memang jauh lebih unggul daripada WhatsApp, jika ditanya saya lebih memilih yang mana, saya lebih memilih untuk menggunakan telegram.

Kenapa seperti itu?

Jelas seperti yang telah disebutkan diatas, telegram mempunyai banyak fitur dan keamanan yang lebih terjamin daripada menggunakan WhatsApp.

Write A Comment