tips cyber security

5 Tips Cyber Security Untuk Mengamankan Data

Internet penuh dengan tautan berbahaya seperti virus, trojan, dan masih banyak malware lainnya. Kebocoran data telah menjadi hal yang sering terjadi pada pengguna.

Itulah sebabnya Anda harus belajar cara melindungi data anda dari para peretas / hacker. Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang beberapa tips untuk melindungi perangkat Anda dari serangan cyber.

Menjaga sistem tetap up-to-date

Sangat penting untuk selalu memperbarui sistem operasi dan program Anda. Oleh karena itu ikuti beberapa tips dibawah ini:

  • Pastikan Pembaruan Otomatis sistem operasi Anda dihidupkan.
  • Gunakan browser yang aman seperti Firefox dan Chrome.
  • Pastikan juga plugin browser seperti Java dan Flash menggunakan versi yang terbaru.

Waspadai Penipuan Phising

Anda  pasti sudah menyadari penipuan berbentuk phishing adalah ancaman konstan. Penjahat dunia maya akan mencoba membocorkan informasi pribadi dari Anda dengan menipu Anda dengan berbagai cara rekayasa sosial (social enginering).

Kredensial yang sangat rentan terhadap risiko semacam itu bisa berupa login ID pengguna dan kata sandi, detail kartu, dll. Memantau aktivitas mencurigakan harus menjadi tugas penting. Namun, ini bukan tugas sederhana, terutama jika Anda berasosiasi dengan organisasi besar di mana kebocoran data dapat mengancam pekerjaan anda.

Cobalah mencari perangkat lunak yang membantu organisasi Anda untuk memahami perilaku penyerang dan mengurangi risiko dan ancaman yang sesuai. Dengan kerangka kerja seperti Mitre att & ck, Anda dapat mengurus tata kelola, manajemen risiko, memahami perilaku penyerang, mengklasifikasikan dan memitigasi ancaman, dan memahami metode penyerang.

baca juga : 6 Perbedaan WhatsApp dan Telegram, manakah yang lebih baik?

Data Perlindungan Safeguard

Anda harus mengetahui data yang dilindungi dan batasan yang terkait. Untuk memahami persyaratan tingkat perlindungan data, lihat Standar Klasifikasi Data. Beberapa tips umum yang dapat Anda ikuti adalah :

  • Hapus file data sensitif dari sistem Anda ketika mereka tidak lagi diperlukan.
  • Jauhkan data yang dilindungi tingkat tinggi (seperti catatan penting) dari stasiun kerja Anda dan perangkat lain. Jika perlu, simpan di cloud.
  • Gunakan enkripsi ketika menyimpan atau mengirim data sensitif.

Jangan Mengklik Semuanya di Internet

Jika Anda tidak mempercayai situs web, jangan unduh apa pun darinya. Situs yang tidak dapat dipercaya sering kali menjadi host malware yang akan membahayakan keamanan perangkat Anda.
Jika Anda menemukan email atau lampiran mencurigakan, jangan klik itu.

Manajemen Kata Sandi Dengan Baik

Menggunakan kata sandi yang kuat dapat membantu Anda mempertahankan akun Anda dari hacker yang mencoba menyerang. Ada banyak program yang dapat Anda rujuk untuk menghasilkan kata sandi. Anda juga dapat mencoba layanan otentikasi dua faktor atau multi-faktor.

Kesimpulan

Semoga artikel ini telah membantu Anda yang mencari kiat cepat tentang cara memulai melindungi sistem atau perangkat Anda. Beri tahu kami jika Anda memiliki solusi tambahan lainny.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *